(Pembuatan Program
Rental Komputer)
INTERAKSI MANUSIA DENGAN
KOMPUTER
Disusun oleh:
Kelompok
01.
Ketua
: Hadimo Baria.
Anggota:1. Jimy A Penaonde.
2. Andi Irawan.
3. Elias K Marau.
4. Darwin Sebamtandi.
5. Ellon Kendi.
6. Abdulah Mayor.
UNIVERSITAS VICTORY SORONG
FAKULTAS TEKNI
PRODI SYSTEM INFORMASI
SORONG PAPUA BARAT
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang:
Dalam dunia sekarang ini perkembangan teknologi sudah semakin maju,
terutama dibidang informasi dan telekomunikasi, seperti komputer, handphone,
televisi, serta berbagai alat elektronik lainnya. Tetapi yang paling diminati
orang adalah komputer. Dan juga telah banyak orang yang membuka usaha dalam dunia komputer salah satunya adalah warnet. Namu ada banyak Werner yang
memakai sistem masih manual kususnya dalam hal pembelian vocer internet
dan juga dalam hal pemberitahuan kepada pelanggan tentang berbagai menu baik
itu minuman maupun makanan yang
mungkin dibutuhkan oleh para pelanggan yang ada namun sering ditemukan masih
menual dengan menempelkan daftar menu pada dinding-dinding didalam bilik-bilik yang ada pada warnet tersebut.Maka
dari itu kami mebuat sebuah program/ablikasi
komputer untuk dapat digunakan baik itu
untuk menggati pempelian vocer dan juga
menampilkan daftar menu yang disediakan pada warnet tersebu.
Komputer
pada saat ini bukan hanya digunakan untuk kepentingan pekerjaan dan informasi
tetapi juga digunakan untuk media hiburan, dan mencari pelajaran – pelajaran
yang penting untuk dipelajari tentunya melalui jaringan internet. Sehingga
begitu pentingnya komputer bagi kita manusia begitu banyak orang bergantung
pada komputer.
Komputer
terlebih yang sudah menggunakan jaringan internet sangat penting bagi kita
karena internet bisa memudahkan pekerjaan serta menambah wawasan kita dalam
memperoleh informasi. Jaringan internet juga sudah banyak dipakai
diwarnet – warnet sebagai salah satu sarana pembelajaran
untuk memperoleh Informasi.
Seiring
dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi komputer,
sehingga para mahasiswa universitas victory sorong (unvic)sorong, terutama
prodi system informasi dituntut untuk mampu memahami lebih
dalam tentang komputer kususnya dalam pembuatan interface pada program/ablikasi
computer, serta mampu bersaing
dalam Eraglobalisasi. Untuk itulah para mahasiswa diwajibkan untuk membuat sebuah interface yang
baik pada program/ablikasi yang dibuat
dan menulis Makalah tentang pembuatan program/ablikasi komputer tersebut.
MASALAH
Seiring
dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi komputer maka semaki
banyak pula terjadi Penyalagunaan
teknologi kususnya koputer. Sperti yang
bersifat pencurian data maupun yang bersifat porno garafi maupu pono aksi maka
dari itu kedewasaan dari para pengguna (user) sangat dibutuhkan agar tidak
sering terjadi penyalagunaan teknolog(computer).
TUJUAN
Dapula tujuan dalam
pembuatan laporan ini adalah sebagai berikut:
1.
Untuk
memenuhi tugas dalam mata mata kulia iteraksi manusia
dengan computer.
2.
Agar
lebih memahami apa yang dimaksud dengan interface komputer dan tahu pembuatan interface yang
baik.
3.
Dapat
dijadikan pedoman dalam mengenal inteface juga sebagai acuan untuk
pengembangan program/blikasi
nantinya.
BAB II PEMBAHASAN
Dalam
membuat sebuah program kususnya program komputer interface merupakan hal yang sangat
perlu untuk di perhatikan , baik itu masalah kombinasi warna yang digunaka
maupun dalam penempatan tombol fungsi pada
program tersebut. Maka dari itu dalam pembuatan program ini kami
menggunakan bahasa pemograman visual basic
visual
basic adalah suatu bahasa pemograman untuk membangun ablikasi dalam lingkungan
widows. Dalam pengembangan ablikasi, visual basic menggunakan pendakan visual
untuk merancang user-interface dalam
bentuk from. . Sedangkan untuk kodingnya menggunakan bahasa basic yang
cenderung mudah dipelajari.
Daalam lingkungan windows user -interface sangat memegang peran penting,karena dalam
pemakaian ablikasi yang kita buat, pemakai senangtiasa berinteraksi dengan user-interface tanpa menyadari bahwa
dibelakanya berjalan intruksi-intruksi program yangf mendukung tampilan dan
proses yang dilakukan.
Begitu
pentingnya user –interface dalam sebuah program maka dari itu dalam pembutan program ini untuk mandapatkan respon
yang baik dari pengguna maka kemi melakukan
sesi wawancara secara langsung kepada
para pengguna untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembutan user
–interface pada program ini ,maka
dari itu ada beberapa perubahan yang terjadi dalam pembutan khususnya user
–interface program ini adalah
sebagai berikut:
- Tampilan awal program pebelum diadakan perubahan:
- Tampilan awal program sesudah diadakan perubahan ke 1 :
- Tampilan awal program sesudah diadakan perubahan ke 2 :
Adapulah
Ketentuan Properties Yang Di Buat:
KETERANGAN
|
PROPERTIES
|
SETTING
|
Label1,
Label2, Label3, Label4, Label5, Label6.
|
Name
Caption
BotderStyle
|
LblKomputer,
LblMulai, LblSelesai, LblDurasi, LblBiaya.
Nomor
Komputer, Jam Mulai, Jam Selesai, Durasi, Biaya
1-FixedSingle
|
Timer1
|
Interval
|
150
|
Timer1
|
Interval
|
350
|
Frame1
|
Caption
|
DAFTAR
ME, NU
|
Check1,
Check2,
Check3,
Check4, Check5.
|
Caption
|
Air
Mineral, Es The, Mie Goreng, Roti keju, Roti bakar.
|
TextBox1,
TextBox2, TextBox3, TextBox4, TextBox5, TextBox6.
|
Name
Text
|
Txt1,
Txt2, Txt3, Txt4, Txt5, Txt6.
Di
kosongkan
|
Command1
|
Name
Caption
|
CmdMulai
Mualai
|
Command2
|
Name
Caption
|
CmdSelesai
Selesai
|
Command3
|
Name
Caption
|
CmdKeluar
Keluar
|
Command4
|
Name
Caption
|
CmdHarga
Cek
Harga
|
Line1
|
Borderwidth
|
2
|
Kode yang dibutuhkan dalam pembuatan program ini
adalah:
Dim X As Integer, s As Integer
Dim max As Boolean
Dim j As Integer
Dim Mulai, Selesai,
lama As Variant
Private Sub CmdHarga_Click()
If
Check1.Value = 1 Then air = 500
If
Check2.Value = 1 Then es = 2000
If
Check3.Value = 1 Then mie = 3000
If
Check4.Value = 1 Then keju = 1000
If
Check5.Value = 1 Then bakar = 1000
Total =
air + es + mie + keju + bakar
Txt6.Text
= Total
End Sub
Private Sub CmdKeluar_Click()
MsgBox "TERIMA
KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA", vbInformation
End
End Sub
Private Sub CmdMulai_Click()
Mulai = Now
Txt2.Text
= Format(Mulai, "HH:MM:SS")
End Sub
Private Sub CmdSelesai_Click()
Selesai = Now
lama =
Selesai - Mulai
Lm_Menit =
(Hour(lama) * 60) + (Minute(lama))
Biaya =
Lm_Menit * 100
Txt3.Text
= Format(Selesai, "HH:MM:SS")
Txt4.Text
= Lm_Menit
Txt5.Text
= "Rp. " & Biaya
End Sub
Private Sub Timer1_Timer()
Frame1.ForeColor =
RGB(255, 198, 75) * Rnd
End Sub
Private Sub Timer2_Timer()
s = s + 1
Label6.Caption = Mid("O l e h : K e l .I", 1, s)
If s = 22
Then
Label6.Caption = ""
s = 0
End If
End Sub
Untuk mendonload lengkap Programnya Silahkan
BAB III PENUTUP
Kesimpulan
Setelah
dikaji ulang mengenai penyusunan Makalah ini maka dapat dilakukan beberapa
kesimpulan seperti ini :
- Dalam memulai proses perancangan
suatu rogram sebaiknya memiliki pengetahuan yang cukup luas mengenai user –interface .
- Carilah informasi bagaimana cara yang
baik dalam merancang user –interface yang baik pada sebuah program.
- Banyak bersosialisasi dengan para pengguna komputr (user) untuk
mengetahui apa kebutuhan mereka.
- Usahakan selalu mengikuti perkembangan
terkini mengenai perkembangan sutu
sistem informasi.
Saran
Saran yang dapat diberikan oleh kami sebagai penulis
dalam penulisan ini. yakni:
- Rasa percaya diri harus ada agar dalam pembuatan sutu
program tidak terdapat masalah yang cukup rumit.
- Kita harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi (IPTEK).
- Ketika melakukan pembuatan sutu program kita memerlukan ketelitian dan juga kesabaran. dan yang terpenting kita harus hati-hati dalam menentukan kombinasi warna dan penempatan tombol fungsi.
untuk Programnya Silahkan Donload di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar